Tanah Bengkok di Desa Kasih Ditanami Jambu Merah

Tanah Bengkok di Desa Kasih Ditanami Jambu Merah
Danposramil saat hadiri penanaman jambu merah melalui program PKTM di Desa Kasih

PURBALINGGA - Melalui kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang dimotori oleh Pemuda Tani Surya Muda Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, kini lahan bengkok desa yang kurang produktif ditanami jambu merah.

Kegiatan penanaman jambu merah ini turut dihadiri Bupati Purbalingga, Kepala Dinas Pertanian, Kadinpermasdes, Karseno selaku anggota DPRD dari Komisi F yang berasal dari daerah setempat, Forkopimcam Kertanegara termasuk turut hadir Danpos Ramil Kertanegara Peltu Ragil serta tamu undangan lainnya.

Menurut Peltu Ragil  saat dikonfirmasi menuturkan kegiatan PKTD ini merupakan kegiatan dari pemerintah untuk memberdayaan masyarakat desa guna mengurangi kemiskinan, pengangguran yang bertujuan meningkatkan pendapatan dan mewujudkan ketahanan pangan.

"Kegiatan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengurangi kemiskinan di desa salah satunya melalui sektor pertanian sehingga merupakan kegiatan yang perlu mendapatkan dukungan berbagai pihak termasuk dari TNI AD sendiri hal ini juga merupakan perintah pimpinan untuk melaksanakan pendampingan kepada masyarakat desa khususnya petani, " katanya.

Disisi lain seperti digambarkan oleh Kepala Desa (Kades) Kasih Supriyadi, kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di desanya memberdayakan Pemuda Tani. Kegiatan ini berawal dari para pemudik perantauan Desa Kasih yang pada awal pandemi lalu jadi pengangguran namun kemudian mereka bangkit dan bergerak membentuk Pemuda Tani.

“Pemuda Tani yang tergabung menamai kelompoknya Surya Muda, beranggotakan sebanyak 50 orang, dipekerjakan untuk menanam 2000 bibit pohon jambu kristal merah di tanah bengkok desa Dusun I seluas 2 hektar, ” kata Supriyadi, Minggu, (9/5/2021).

Adanya kegiatan ini Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M. mengungkapkan, Padat Karya Tunai Desa merupakan program yang dicanangkan pemerintah pusat yang harus disukseskan bersama. “Semoga kegiatan ini menginspirasi desa-desa yang lain di Purbalingga sehingga Padat Karya Tunai Desa bisa terus dilaksanakan dan digulirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, ” katanya.
Terkait dengan aspirasi Pemuda Tani Surya Muda dibidang pertanian, Bupati siap membantu melalui fasilitasi dari Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga. Termasuk juga jika ada jalan usaha tani yang perlu dibangun Pemkab Purbalingga siap memfasilitasi.

“Termasuk saya berjanji dianggaran perubahan kelompok Pemuda Tani Surya Muda akan mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Purbalingga, ” kata Tiwi.

Terkait dengan usulan pembangunan sumur bor untuk pertanian, realisasinya akan dikawal langsung oleh Karseno, S.H. selaku Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga dari Dapil setempat. Bupati berpesan agar masyarakat Desa Kasih untuk tetap semangat dan terus berjuang dan bergerak untuk memajukan Purbalingga.

(Satria Ferry)

Purbalingga Jawa Tengah
Satria Ferry Sonarya

Satria Ferry Sonarya

Previous Article

Kodim Purbalingga Bagi Nasi kotak dan Masker

Next Article

2 Wilayah Kecamatan di Purbalingga Jadi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 35

Postingan Tahun ini: 600

Registered: Jan 25, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 15

Postingan Tahun ini: 49

Registered: Jan 20, 2021

Asridal

Asridal verified

Postingan Bulan ini: 10

Postingan Tahun ini: 16

Registered: Aug 25, 2021

Wahyudi Arif Firmanto

Wahyudi Arif Firmanto

Postingan Bulan ini: 9

Postingan Tahun ini: 30

Registered: Aug 14, 2021

Profle

Wahyudi Arif Firmanto

Kunjungan Kerja Presiden RI ke Provinsi Lampung di Sambut Pangdam II/Sriwijaya
Calon Kumtua Hendrik Mononimbar Figur Yang Humanis
Kasat Reskrim Polres Kota Batu Iptu Yussi Purwanto.SH.MH, Wujudkan Kota Batu Aman dan Kondusif
Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Acara Tradisi Laporan Korps, Penyerahan Jabatan Asren Divif 2 Kostrad dan Sertijab Pamen Divif 2 Kostrad

Follow Us

Recommended Posts

Berjalan Kaki, Lewati Jalan Penghubung Tegalpingen-Tumanggal
Word Cleanup Day, Sanggar Teras Mburi Slinga Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat
TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021 Kodim Purbalingga Bangun Jalan Penghubung 2 Desa
Closing Ceremony, Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan TNI AD Tahun 2021 di UI
Sanggar Teras Mburi di Slinga Purbalingga, Cleaning Day